SEO : Belajar SEO bagi Pemula Gratisan 1

Klik Blogger - Belajar SEO bagi Pemula Gratisanc 1

Blogger Tutorial Sudah semestinya website Belajar SEO ini menulis artikel tentang Belajar SEO Bagi Pemula agar sesuai dengan nama domain dan descriptionnya, khan? Ya, artikel belajar seo untuk pemula ini akan diawali dari artikel ini. Jadi Anda bisa belajar seo gratis disini. Pembahasannya akan diutamakan seputar belajar seo wordpress karena website belajar seo ini juga menggunakan CMS wordpress. Perjalanan ribuan mil selalu dimulai dari langkah pertama khan? Nah sebelum Anda mulai ikut kontes seo seperti misalnya:

ada baiknya jika mulai belajar seo dari awal, mulai dari pengenalan apa itu seo, mengapa belajar optimasi seo penting bagi blogger dan webmaster, sampai akhirnya Anda menguasai teknik-teknik optimasi seo onpage dan offpage termasuk memilih plugin wordpress yang dapat membantu optimasi onpage di website Anda. Nah, sekarang kita mulai saja ya…
Apa itu SEO?

SEO adalah singkatan dari (Search Engine Optimization) atau dalam bahasa Indonesia: Optimasi Mesin Pencari. Jadi SEO merupakan rangkaian upaya / proses optimasi pada suatu website yang dilakukan dengan sistematis agar dapat tampil di halaman depan dari search engine, atau sering disebut dengan SERP (Search Engine Result Page) dengan keyword tertentu. Proses optimasi website dilakukan dengan memperhatikan algoritma dan mekanisme kerja dari mesin pencari yang dituju. Setiap mesin pencari memiliki alforitma tersendiri sehingga langkah optimasi seo yang diambil juga perlu disesuaikan, karena seo google berbeda dengan seo yahoo,dll. Sebagai acuan untuk belajar seo pemula, Anda bisa pelajari tutorial seo atau teknik seo menurut panduan webmaster google dan yahoo style guide. Pertumbuhan jumlah website dan artikel yang terupload di internet membuat optimasi seo menjadi kebutuhan utama bagi suatu website untuk eksis di Internet dan meningkatkan traffic ke websitenya. Ya, logikanya jika suatu website berada di posisi teratas atau setidaknya berada di halaman pertama mesin pencari tentunya berpeluang lebih besar untuk mendapatkan traffic / pengunjung. Search Engine seperti Google, Yahoo, Bing, dll selalu mengupgrade sistem algoritmanya dalam menampilkan SERP, sehingga website tanpa optimasi seo tentu akan sulit muncul di SERP dan sulit mendapatkan traffic/pengunjung.
Sejarah SEO

Istilah Search Engine Optimization atau SEO menurut Danny Sullivan, pertama kali muncul melalui pesan spam yang terposting di Usenet pada tanggal 26 Juli 1997. Ketika itu algoritma mesin pencari masih sederhana sehingga mudah dimanipulasi oleh webmaster. Awalnya algoritma search engine bergantung sepenuhnya kepada ketersediaan informasi meta tag di kode html suatu situs web. Meta tag menyediakan informasi mengenai isi dari suatu website melalui serangkaian keyword. Beberapa webmaster memanipulasi meta tag dengan menuliskan kata kunci yang tidak relevan dengan konten situs yang sebenarnya. Hal ini menimbulkan kesalahan pemeringkatan dan penempatan situs tersebut pada mesin pencari. Ketidakakuratan hasil pencarian ini tentunya menimbulkan kerugian bagi mesin pencari serta para pengguna internet yang sedang mencari informasi yang berkualitas dan relevan.
Masalah ini berusaha diatasi oleh dua mahasiswa doktoral ilmu komputer dari Universitas Stanvord yaitu Larry Page dan Sergey Brin dengan membangun sebuah mesin pencari sederhana yang mengandalkan perhitungan matematis untuk memeringkat situs web. Mesin pencari tersebut diberi nama backrub yang pada tahun 1998 menjadi google. Algoritma perhitungan matematis ini dinamakan google PageRank (PR) yang merupakan kombinasi perhitungan antara jumlah link yang mengarah ke suatu website dengan analisis atas kualitas dari masing-masing link tersebut.
Atas dasar prinsip kerja google PageRank ini maka suatu halaman website yang berperingkat tinggi adalah website yang banyak di-link oleh halaman website lain,atau sering dikatakan memperoleh banyak backlink dari website lain. Nilai google PageRank juga akan semakin tinggi jika backlink yang diperoleh berasal dari website ber-PageRank tinggi.

Nah yang berikut ini perlu dicatat nih, penting dan masih relevan hingga saat ini:

Nilai sebuah link dari situs yang berkualitas tinggi menurut mesin pencari akan memberikan nilai yang lebih tinggi dibandingkan kombinasi nilai link dari seratus situs berkualitas rendah. Jadi jika ingin menanam backlink juga harus memperhatikan kualitas dari situs tersebut ya…
Keberhasilan google dengan Algoritma PageRank-nya dalam menyajikan hasil pencarian yang relevan, cepat dan berkualitas membuat google memperoleh reputasi dan kepercayaan dari pengguna internet. Selanjutnya PageRank menjadi standar bagi mesin pencari lainnya serta para webmaster yang berupaya agar websitenya mendapatkan nilai PageRank semaksimal mungkin agar menempati posisi tertinggi pada hasil pencarian.

Ok, belajar seo pemula bagian 1 selesai sampai disini saja. Koq bersambung? Iya donk, jumlah kata (word count) dalam satu artikel juga berpengaruh terhadap seo lho… Lanjutan artikelnya dapat dibaca pada artikel belajar seo pemula 2 yang mulai membahas tentang manfaat seo dan optimasi SEO.

Sumber :http://belajarseo.web.id

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Contact Form Sebelah Kanan

Labels

 
KLIK BLOGGER © 2011 | Template by Blogger Templates Gallery collaboration with Life2Work