SEO : Belajar SEO On Page

Klik Blogger - Belajar SEO On Page

Setelah Kita mengetahui SEO Off Page, Kini Kita Belajar SEO on Page, mari kita sesksama mengikuti ulasannya.
 SEO On-Page merupakan bahasan lanjutan setelah Anda meriset pasar dan kompetitor untuk setiap kata kunci yang Anda inginkan!

SEO On-Page menyangkut segala sesuatu yang bisa Anda optimasi dalam pembuatan dan penampilan sebuah website. Implementasi tentang SEO On-Page akan dijelaskan dengan menggunakan WordPress.

Mengapa menggunakan WordPress? Karena menurut Search Quality Team-nya Google, Matt Cuts, WordPress mempunyai banyak perangkat yang sangat mendukung proses SEO itu sendiri!

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan di SEO On-Page, antara lain:
  • Title tag
  • Header Tags
  • Meta Keyword tag
  • Meta Description tag
  • Alt tag
  • dan body tag

Title Tag

Title tag/judul merupakan bagian terpenting di SEO On-Page. Anda wajib memasukan keyword Anda ke dalam title tag karena Google sangat memperhatikan judul.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menulis title tag:
Search Engine hanya menampilkan 60-70 karakter awal dari title tag dalam hasil pencariannya sehingga kita perlu memastikan bahwa keyword muncul di dalamnya!
Oleh karena itu, usahakan untuk meletakkan kata kunci di awal title tag sebab, efeknya lebih baik daripada diletakkan di tengah maupun di akhir title tag.

Untuk meletakkan kata kunci utama ke dalam title tag website, Anda tinggal masuk ke dashboard WordPress atau Blog Anda, lalu “Setting >> General”


Sedangkan untuk meletakkan kata kunci ke dalam title tag posting Anda, caranya klik “Post >> Add New”


Header Tag

Header tag merupakan tag yang berfungsi untuk membuat heading. Ada beberapa macam Header tag: H1, H2, sampai H6. Biasanya di beberapa themes WordPress, H1 digunakan sebagai judul dari isi webpage. Oleh karena itu, pastikan H1 ini mengandung keyword yang Anda tuju.

Meta Keyword and Meta Description Tag

Kedua tags ini tidak lagi digunakan Google sebagai alat ukur pengoptimasian suatu website ataupun webpage. Maka dari itu, kami tidak akan menjelaskan tentang hal ini lebih lanjut!

Alt Tag

Alt tag adalah tag yang digunakan untuk memberikan penjelasan singkat tentang suatu gambar yang Anda letakkan kedalam suatu posting/page.

Mengapa Alt tag diperlukan? Karena Bot mesin pencari seperti Google tidak bisa “membaca” suatu gambar. Bot tersebut hanya membaca alt tag yang ada digambar tersebut.

Jangan lupa untuk meletakkan keyword yang Anda tuju kedalam alt tag. Caranya, pada saat Anda sedang membuat posting/ page klik “Add Picture>>Select File”


Pilih gambar yang akan Anda upload, setelah itu akan muncul tampilan seperti berikut:


Masukan kata kunci yang Anda tuju di kotak” alt tag”, simple bukan?!

Body Tag

Body tag atau lebih dikenal dengan pengoptimasian isi merupakan salah satu hal yang terpenting dalam SEO On-Page. Keep in mind that Content is the King!

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat suatu posting:
Utamakan content yang berupa text! Bot Google tidak bisa membaca image (lih. Bagian alt tag) atau flash! Sangat disayangkan jika Anda sudah menghabiskan banyak waktu untuk membuat posting tapi akhirnya tidak bisa dibaca oleh Oom Google!
Dalam 1 posting maksimal 3 kata kunci yang dituju. Jangan terlalu banyak karena bisa-bisa diangggap spam oleh Google.
Taruh kata kunci yang Anda tuju di kalimat pertama paragraph pertama, kalimat terakhir paragraph terakhir, sisanya dibuat menyebar dalam postingan
Gunakan sinonim dari kata kunci yang kita tuju. Jangan mengulang kata kunci yang sama berulang-ulang kali.

Tips yang tak kalah penting yaitu pasanglah hyperlink dengan menggunakan kata kunci yang Anda tuju kehalaman post yang sedang Anda buat. But, don’t over do it!

Semoga Bermanfaat.

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Contact Form Sebelah Kanan

Labels

 
KLIK BLOGGER © 2011 | Template by Blogger Templates Gallery collaboration with Life2Work